Julukan Baru untuk Negara Indonesia, yaitu Negara BlackBerry (BlackBerry Nation)

Julukan Baru untuk Negara Indonesia, yaitu Negara BlackBerry (BlackBerry Nation). Gempuran smartphone berbasis Android dan iPhone memang membuat Research in Motion kelimpungan di pasar global. Tapi tidak demikian di Indonesia. Smartphone buata RIM yakni Blackberry masih berkibar di Indonesia.
Smartphone besutan produsen ponsel asal Kanada ini digunakan banyak pihak dari berbagai kalangan bahkan siswa Sekolah Dasar. Tak heran BlackBerry masih menguasai 46 persen pasar smartphone di Indonesia. Sebagai contoh, 24 dari 42 siswa salah satu kelas sebuah SD di kawasan elite Menteng, memiliki BlackBerry. Guru terpaksa mengumpulkan BB siswa agar tak mengganggu kegiatan belajar mengajar.
Tak heran, stasiun televisi Kanada, CBC News, membuat liputan yang mengungkap betapa berjayanya BlackBerry di Indonesia saat ini. Hingga Indonesia pun mendapat sebutan: BlackBerry Nation.Layanan BlackBerry terutama BlackBerry Messenger menjadi alasan bertahannya konsumen di Indonesia. Paket murah dari operator dengan biaya Rp80 hingga Rp150 ribu per bulan ikut menopang penjualan BlackBerry yang bisa didapat mulai dari harga Rp1,8 juta.
Analis dari Canalys Research Daryl Chiam menyebut, negara berkembang di Asia memang masih menghasilkan banyak keuntungan untuk RIM. Laman CrackBerry mencatat, setidaknya 56 persen pendapatan BlackBerry didapat dari negara berkembang.
Gregory Wade, petinggi RIM di Asia Tenggara Jepang dan Korea, mengatakan RIM akan memperhatikan pasar dari negara berkembang. Wade juga mengatakan BlackBerry akan mengupayakan layanan BlackBerry bisa digunakan semua individu di Indonesia dan negara berkembang, dengan harga lebih terjangkau.